Facebook Pengadilan Negeri Pangkalan Bun Instagram Pengadilan Negeri Pangkalan Bun
Pengadilan Negeri

img_head
INOVASI PENGADILAN

INOVASI PENGADILAN

Telah dibaca : 153 Kali

INOVASI PADA PENGADILAN NEGERI PANGKALAN BUN

Dalam rangka peningkatan pelayanan bagi pencari keadilan, Pengadilan Negeri Pangkalan Bun telah melahirkan beberapa inovasi. Inovasi-inovasi ini dapat langsung dirasakan langsung oleh masyarakat maupun internal Pengadilan Negeri Pangkalan Bun sendiri. Inovasi-inovasi yang telah dilahirkan ini berupa perangkat elektronik berbasis teknologi informasi dan aplikasi berbasis web yang diakses melalui internet maupun jaringan lokal.

Berikut adalah inovasi-inovasi yang telah dikembangkan tersebut :

1. Aplikasi E-Tilang

Aplikasi yang membantu untuk melakukan pencarian denda tilang secara online pada webisite Pengadilan Negeri Pangkalan Bun sehingga bisa diakses dimana saja. Pengumuman Denda Tilang Online beralamatkan di tilang.pn-pangkalanbun.go.id.

2. Aplikasi Perpustakaan Online

Aplikasi Perpustakaan Online adalah aplikasi yang digunakan untuk pengelolaan buku perpustakaan mulai dari arsip, peminjaman buku ataupun pengembalian buku secara elektronik. Aplikasi ini dikelola oleh Petugas Pustakawaan sebagai petugas yang menginput kedalam sistem. Aplikasi Perpustakaan Online dapat diakses di pustaka.pn-pangkalanbun.go.id.

3. SIPENTING-OKE

Aplikasi SIPENTING-OKE adalah Sistem Informasi Pelayanan Terintegrasi Pengadilan, Kepolisian, Kejaksaan dan Lembaga Permasyarakatan. Dengan adanya aplikasi ini permohonan pendaftaran dapat dilakukan secara online tanpa langsung ke Pengadilan Negeri Pangkalan Bun. Aplikasi ini terdiri dari Permohonan Perpanjangan Penahanan, Diversi, Penyitaan, Penggeledahan, Perlindungan Saksi, Izin Lelang dan Izin Besuk. Aplikasi SIPENTING-OKE dapat diakses di sipenting-oke.pn-pangkalanbun.go.id.

4. SURVEI ONLINE

Sebagai salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik, Pengadilan Negeri Pangkalan Bun melakukan inovasi dengan membuat Aplikasi Survei Online yang terdiri dari Survei Kepuasan Masyarakat, Survei Persepsi Korupsi dan Survei Pelayanan PTSP. Dengan adanya survei ini dapat membantu masyarakat atau pengguna layanan karena dapat dilakukan lebih mudah dan efisien. Dan juga membantu Tim Survei Pengadilan Negeri Pangkalan Bun karena perhitungan nilai survei dapat dilakukan secara otomatis secara harian maupun periodik. Survei dapat dilakukan dengan mengunjungi link : http://survei.pn-pangkalanbun.go.id/.

5. ASSISTENT VIRTUAL (AVILA)

Pada tahun 2020 disaat terdapat covid-19, jumlah pengunjung layanan yang datang menjadi berkurang. Pengadilan Negeri Pangkalan Bun terus memberikan layanan informasi kepada masyarakat melalui Assistent Virtual yang terhubung dengan whatsapp yang dikelola oleh Petugas layanan PTSP. Hal tersebut dilakukan karena aplikasi whatsapp yang sangat mudah untuk dijangkau dan dioperasikan oleh pengguna.  Pencari keadilan dapat mengakses Assistent Virtual melalui website Pengadilan Negeri Pangkalan Bun. Dengan adanya Assistent Virtual informasi pengguna layanan dapat menanyakan informasi seperti jadwal persidangan, persyaratan berkas permohonan perkara dan lain sebagainya. Tujuan dari layanan Assistent Virtual ini adalah untuk mempermudah pengguna dalam mengakses dan meminta informasi sehingga dapat membantu pengguna layanan.

6. SIMPAN (Sistem Informasi Manajemen Pengawasan)

Aplikasi SIMPAN atau Sistem Informasi Manajemen Pengawasan adalah Aplikasi Manajemen arsip dan monitoring laporan pengawasan secara elektronik mulai dari Pengawasan Bidang, Audit Internal dan Audit Eksternal yang terdiri dari Pengawasan Tingkat Banding maupun Bawas. Sehingga dengan aplikasi ini dapat melihat apakah laporan pengawasan sudah ditindaklanjuti atau belum. Pada aplikasi ini juga  terdapat fitur untuk memudahkan Hakim Pengawas Bidang dalam membuat laporan pengawasan sehingga Laporan Pengawasan Hakim Pengawasan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan dari Bawas dan Mahkamah Agung.

7. Aplikasi Pemanggilan Persidangan

Aplikasi Pemanggilan Persidangan ini berfungsi untuk mengubah tulisan menjadi suara sehingga bisa membuat pengumuman panggilan sidang yang akan diperkeras melalui speaker di ruang tempat pengunjung. Aplikasi ini digunakan oleh Petugas PTSP untuk mengumkan persidangan akan dimulai dan memanggil Majelis, Panitera Pengganti serta Pihak untuk memasuki ruang sidang sesuai jadwal persidangan di SIPP. Dengan aplikasi ini dapat mempermudah dan mempercepat proses pelaksaan sebelum sidang dimulai.

8. e-Pelayanan

Aplikasi e-Pelayanan atau Pelayanan elektronik adalah aplikasi yang berfungsi untuk menginput  atau register pelayanan yang diberikan pada petugas PTSP yang terdiri dari Pelayanan Pidana, Perdata dan Hukum. Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu petugas pelayanan atau PTSP sehingga tidak perlu lagi menggunakan register pelayanan secara manual. Aplikasi ini dapat membatu untuk mengetahui jumlah pelayanan dalam satu hari ataupun periodik dan juga dapat mengetahui pelayanan yang diberikan seperti pelayanan perpanjangan penahanan, permohonan izin sita, permohonan surat kuasa dan lain sebagainya.

9. Antrian PTSP

Aplikasi Antrian PTSP Pengadilan Negeri Pangkalan Bun adalah aplikasi antrian buat pengunjung para pencari keadilan yang berkepentingan terkait dengan bagian meja hukum,perdata,pidana dan umum. Masyarakat atau pengguna layanan yang datang dapat mengambil nomor antrian pada komputer touchscreen yang disediakan oleh Pengadilan Negeri Pangkalan Bun kemudian dapat menunggu sampai nomor antrian dipanggil. Dengan adanya aplikasi antrian PTSP ini bisa mempermudah para pencari keadilan untuk mengantri sesuai nomor antrian tersebut.

10. Audio Anti Gratifikasi

Aplikasi Audio Peringatan Anti Gratifikasi sesuai Surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 17 Tahun 2019 adalah aplikasi untuk membantu Petugas Pengadilan di dalam menjalankan tugas untuk membacakan Peringatan Anti Gratifikasi setiap 2 jam melalui mikrofon. Aplikasi ini berfungsi untuk mengumumkan dan memberitahukan kepada pengunjung bahwa Pengadilan Negeri Pangkalan Bun anti gratifikasi dan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Selain audio Anti Gratifikasi pada Pengadilan Negeri Pangkalan Bun juga menyediakan audio untuk membacakan 8 Nilai-Nilai Utama Mahkamah Agung yang di bunyikan pada pukul 09.00 WIB.

11. Penerjemah Bahasa Isyarat Online

Penerjemah Bahasa Isyarat Online adalah inovasi khusus untuk pengguna layanan khusus atau Difabel. Inovasi ini melibatkan kerja sama dengan Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Pangkalan Bun sebagai penerjemah bahasa isyarat. Dengan adanya inovasi ini pengguna layanan dengan kebutuhan khusus atau khususnya tunawicara tidak perlu lagi datang ke Kantor Pengadilan. Konsultasi terkait masalah hukum bisa dilakukan secara virtual langsung kepada Petugas PTSP di Kantor Pengadilan Negeri Pangkalan Bun.