img_head
BERITA

PELATIHAN APLIKASI E-COURT PENGADILAN NEGERI PANGKALAN BUN

Nov23

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 23 Kali


Pangkalan Bun, 22 November 2018, Dalam rangka penerapan e-Court di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia, Pengadilan Negeri Pangkalan bun melaksanakan Pelatihan bersama Advokat, dan bekerjasama dengan BRI yang berkaitan dengan sistem kerja e-Court.

Aplikasi e-court merupakan perwujudan dari implementasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 03 tahun 2018 yaitu Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Peraturan Mahkamah Agung Nomor 03 tahun 2018 merupakan inovasi sekaligus komitmen bagi Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam mewujudkan reformasi di Dunia Peradilan Indonesia (Justice Reform) yang mensinergikan peran Teknologi Informasi (IT) dengan Hukum Acara (IT for Judiciary). Peraturan Mahkamah Agung yang dicetuskan pada Maret 2018 tersebut sangat relevan dengan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim yang memiliki issue utama dalam Access to Justice.

e-Court Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Sekretaris menjelaskan secara rinci mengenai aplikasi yang berbasis web tersebut, Untuk sementara ini hanya Kuasa Hukum dari Penggugat/Pemohon yang dapat melakukan pendaftaran perkara melalui e-Court.

Advokat terlebih dahulu harus memiliki akun e-Court, dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu menggunakan email dan akan terverifikasi  oleh Pengadilan Tinggi tempat ia disumpah. Setelah memiliki akun advokat bisa mendaftarkan perkara secara online melalui e-Court. Dan selanjutnya pembayaran biaya panjar perkara melalui virtual account BRI.

Dengan layanan e-Court, masyarakat pencari keadilan mendapatkan efisiensi dalam proses administrasi berperkara di Pengadilan diantaranya efisiensi waktu, biaya dan tenaga sehingga sangat menguntungkan bagi para pencari keadilan dan aparatur pengadilan sendiri.

  • Galeri