img_head
BERITA

PENGADILAN NEGERI PANGKALAN BUN NONTON BERSAMA PERESMIAN 85 PENGADILAN BARU SE-INDONESIA

Okt25

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 38 Kali


Bertempat di ruangan sidang Cakra pada hari Senin tanggal  22 Oktober 2018  Seluruh hakim, pegawai, dan honorer Pengadilan Negeri Pangkalan Bun turut menjadi saksi atas diresmikannya 85 pengadilan baru oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H., di Melounguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Meski tidak hadir di lokasi peresmian, warga Pengadilan Negeri Pangkalan Bun dapat menyaksikan acara monumental itu melalui kegiatan nobar atau nonton bareng melalui siaran langsung (live streaming) disiapkan oleh MA dengan memanfaatkan situs Youtube. ( link )

Sebanyak 85 pengadilan yang diresmikan operasionalnya oleh Ketua MA itu terdiri dari 30 Pengadilan Negeri, 50 Pengadilan Agama, 3 Mahkamah Syar’iyah dan 2 Pengadilan Tata Usaha Negara.

Dalam siaran pers-nya, Kabiro Hukum dan Humas MA Dr. Abdullah, S.H., M.S. mengatakan, pemilihan Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai lokasi peresmian 85 pengadilan baru merupakan bentuk perhatian dan apresiasi pimpinan Mahkamah Agung terhadap pengadilan-pengadilan yang berada di wilayah pelosok dan pulau terluar di Indonesia.

Dengan dibentuk nya pengadilan baru, maka daerah-daerah yang awalnya secara geografis berada sangat jauh dari kantor Pengadilan karena berada diwilayah Ibukota kabupaten yang dimekarkan sehingga menyulitkan masyarakat pencari keadilan, maka  saat ini sudah tidak lagi menjadi kendala utama. Selain itu, masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk menuju ke Pengadilan dan waktu tempuh juga relatif singkat.

Ketua mahkamah Agung berharap dengan berdirinya pengadilan-pengadilan baru tersebut dapat memberikan kemudahan akses, keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, agar dapat mewujudkan prinsip penyelenggaraan peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan.

Segenap Warga pengadilan Negeri Pangkalan Bun, mengucapkan selamat dan turut berbahagia atas diresmikannya 85 pengadilan baru oleh Ketua Mahkamah Agung.

 

  • Galeri