img_head
BERITA

RAPAT BULAN AGUSTUS DAN SOSIALISASI E-COURT PENGADILAN NEGERI PANGKALAN BUN

Okt25

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 23 Kali


Bertempat di ruangan sidang Cakra pada Rabu Jumat tanggal  19 Oktober 2018,  seluruh jajaran Pengadilan Negeri Pangkalan Bun melaksanakan rapat Bulan Oktober dan sosialisasi e-Court di Pengadilan Negeri pangkalan Bun.

Rapat tersebut dimulai pukul 08.30 WIB dengan dipimpin  oleh Ketua, Panitera dan Sekretaris, dan diikuti oleh para Hakim, Pejabat struktural/fungsional, Pegawai, dan Tenaga Kerja Kontrak.

Setelah Rapat dibuka oleh Sekretaris dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kemudian Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Bun Bapak A. A. GD. Agung Parnata, S.H., CN. , memberikan pembinaan  kepada seluruh jajaran Pengadilan Negeri Pangkalan Bun untuk selalu menjaga kedisiplinan kerja,  memberikan pelayanan PTSP dengan baik kepada masyarakat,   kepada pengawas dan penanggung jawab PTSP untuk selalu memonitoring evaluasi PTSP dan petugas PTSP, dan selalu menjaga kebersihan dan keamanan kantor agar Pengadilan Negeri Pangkalan Bun semakin baik dalam melaksanakan semua pekerjaan. Setelah selesai Ketua Pengadilan memeberikan arahannya, dilanjutkan tambahan dari Panitera yang dalam arahannya untuk selalu meningkatkan kinerja warga pengadilan kemudian dilanjutkan arahan dari Sekretaris, Bapak Husni Thamrin, ST yang membahas perihal  kesiapan oprasional Pengadilan Negeri Nanga Bulik.

Rapat bulanan ini bertujuan sebagai sarana kontrol atas sejauh mana pencapaian kinerja bulanan dan berbagai kendala yang dihadapi pada bagian masing-masing baik Hakim,  bagian Kepaniteraan maupun bagian Kesekretariatan serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pelayanan pada Pengadilan Negeri Pangkalan Bun.

Selesai rapat bulanan acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai E-court yang pada pokoknya untuk mewujudkan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan (Pasal 2 ayat (4) UU No. 48 Th. 2009 Tentang Kekuasaan Kehakiman) dan untuk memenuhi tuntutan dan perkembangan zaman yang mengharuskan adanya pelayanan administrasi perkara di pengadilan secara lebih efektif dan efisien, Mahkamah Agung RI mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik, yang ditetapkan pada tanggal 29 Maret 2018.

E-court merupakan reformasi dan revolusi Mahkamah Agung yang beralih dari manual ke digital untuk dapat meminimalisir atau memutus praktik suap serta terwujudnya peradilan sederhana, cepat, transparan, dan biaya ringan. Melalui aplikasi ini, para pihak termasuk advokat bisa mengajukan permohonan gugatan ke pengadilan tanpa harus datang ke pengadilan, e-Court juga merupakan jawaban atas keluhan masyarakat pencari keadilan maupun advokat karena proses beracara di pengadilan jadi lebih cepat, transparan dalam arti jumlah biayanya sudah pasti, lebih efektif, dan efisien.

  • Galeri