img_head
BERITA

PERESMIAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) PENGADILAN NEGERI PANGKALAN BUN KELAS IB

Apr23

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 172 Kali


Pada hari Selasa, 17 April 2018 Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Bun Bapak A. A. Gede Agung Parnata, SH.,CN, telah meresmikan dimulainya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Negeri Pangkalan Bun Kelas IB.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Bun menjelaskan maksud dan tujuan PTSP yaitu untuk mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia kepada masyarakat  yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Bun juga mengingatkan kepada Petugas PTSP agar melaksanakan tugas dengan prinsip, keterpaduan, efektif, efesien, ekonomis, koordinasi, akuntabilitas, dan aksesibilitas. Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Bun mengharapkan dengan diresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) maka pencari Keadilan dapat dilayani dengan cepat dan untuk mewujudkan tujuan tersebut perlu adanya komitmen bersama dari Pimpinan, seluruh  Hakim dan seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Pangkalan Bun Kelas 1B.

Untuk diketahui bahwa dalam PTSP Pengadilan Negeri Pangkalan Bun tersebut ada 4 bidang pelayanan yaitu Kepaniteraan Pidana, Kepaniteraan Perdata, Kepaniteraan Hukum dan Sub bagian Umum dan Keuangan. PTSP Kepaniteraan Pidana melayani pelimpahan berkas perkara pidana (pidana biasa, singkat, ringan, dan cepat dari penuntut umum/penyidik), menerima pendaftaran permohonan praperadilan, menerima permohonan (perlawanan,banding,kasasi,dan peninjauan kembali) dan layanan-layanan lain yang berhubungan dengan proses dan informasi penyelesaian perkara pidana/kekhususan. PTSP Kepaniteraan Perdata melayani pendaftaran perkara (gugatan biasa, gugatan sederhana, Permohonan), menerima memori/kontra memori (banding, kasasi dan peninjauan kembali), menerima pendaftaran permohonan eksekusi, dan layanan-layanan lain yang berhubungan dengan proses dan informasi penyelesaian perkara perdata/kekhususan. PTSP Kepaniteraan Hukum antara lain melayani permohonan pendaftaran pendirian CV, surat permohonan keterangan tidak tersangkut perkara pidana dan perdata, permohonan pendaftaran surat kuasa, dan layanan-layanan lain yang berhubungan dengan pelayanan jasa hukum. PTSP Kesekretariatan (Sub Bagian Umum dan Keuangan) antara lain menerima dan menyerahkan seluruh surat-surat yang ditujukan dan yang dikeluarkan Kesektariatan Pengadilan Negeri Pangkalan Bun.

Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Pangkalan Bun ini dalam pelaksaannya mengacu kepada Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum No. 77/DJU/SK/HM02.3/2/2018 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri sebagai wujud Program Mahkamah Agung R.I dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

  • Galeri